Ads 468x60px

Friday, March 13, 2015

BIMBEL KE-1

NAMA : Samuel Kurnia Putra
NIM : 1801376595
HARI/TANGGAL : KAMIS, 12 MARET 2015
NAMA LOKASI : KAMPUS ANGGREK BINUS

ANAK BIMBEL : ASAYRI
UMUR : 10 TAHUN
KELAS : 3 SD
ASAL SEKOLAH : SDN 14 PAGI

      Hari ini adalah hari pertama saya ikut berpartisipasi dalam TFI. Dimana saya mendapatkan kesempatan untuk mengajar siswa kelas 3SD. Saya membimbing anak yang bernama Asayri. Pertama kali saya melihat dia, dia sangat pendiam dan pemalu. Kemudian dia mulai mengeluarkan buku beserta pensilnya.

      Kemudian saya melihat bukunya dan ada 2 buah soal pecahan yang belum terjawab, dan saya mulai mengajari dia pecahan. Namun saya melihat soal yang dia tulis, banyak kalimat yang tidak jelas hurufnya dan ada kata-kata yang kurang lengkap. Disaat itu saya sadar bahwa anak ini sepertinya perlu belajar dikte juga. Pertama-tama kami mengerjakan 2 soal pecahan tersebut dahulu, asayri mengalami kesulitan pada perkalian dan pembagian. Jadi sebelum mengerjakan pecahan tersebut saya mengajari dia perkalian dan pembagian terlebih dahulu. Dia sangat cepat menangkap apa yang saya ajarkan, dia mampu berkali dan membagi dengan cepat setelah saya ajarkan metode perkalian dan pembagian. Setelah dia mengerti perkalian dan pembagian, saya menyuruh dia mengerjakan 2 soal pecahan tersebut. Dan akhirnya dia bisa mengerjakan pecahan tersebut.

      Setelah mengerjakan 2 soal tersebut, saya memberi soal tambahan lagi, saya memberikan 6 soal perkalian, pembagian serta pecahan. Saya mendikte soalnya, dan kemudia Asayri mencatat kalimat yang saya ucapkan. Tak jarang ia salah menulis dan kurang suatu kata dalam kalimatnya. Sehingga harus berulang kali menghapus kalimatnya agar benar. Setelah saya memberikan soal baru kepadanya, dia mulai mengerjakannya. Dia sesekali salah menghitung dalam perkalian sehingga harus kembali diajari perkalian lagi. Kemudian dia mengerjakan 3 soal dengan benar. Setelah itu saya memberikan dia istirahat sebentar agar tidak terlalu stress.

      Pada saat istirahat, saya mulai tanya hal-hal yang dia lakukan pada saat sekolah, bercerita tentang teman-teman dia disekolah, dan bercanda bersama. Disaat itulah dia mulai tersenyum dan mulai dekat dengan saya. Setelah bercanda tawa, saya menyuruh dia melanjutkan lagi 3 soal yang belum dikerjakan. Dan ketika saya tanya "Masih mau kerjain lagi ga soalnya?", dan dia menjawab "Mauuuu", Disitu saya berpikir bahwa anak ini adalah anak yang rajin dan mau berusaha keras dalam belajar. Dan ia mulai mengerjakan soal hingga selesai.

       Ketika selesai waktu menunjukkan jam 16.45. Saya rasa pelajaran hari ini sudah cukup. Karena saya pikir jika belajar terlalu banyak akan membuat dia stress jadi cukup 6 soal yang bisa membuat dia mengerti, sudah cukup bagi saya. Jadi sambil menunggu pulang, kami kembali cerita dan bercanda tawa kembali. Dari suatu cerita, dia bercerita kalau disekolahnya banyak anak yang bandel, dan dia merupakan anak yang baik. Dia tidak bandel seperti temannya itu dan juga dia merupakan anak yang taat kepada orang tua.

       Waktu menunjukan pukul 17.00, dan PIC mulai mengatakan kalau sudah waktunya siap-siap pulang. Asayri mulai memasukkan bukunya kedalam tas dan bersiap pulang. Namun sebelum pulang, kami berfoto dulu untuk dokumentasi. Setelah itu dia berbaris dan akhirnya pulang dengan ceria :)



Nilai pancasila yang diterapkan :
  1. Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.(Sila ke-2)
  2. Suka memberi pertolongan kepada orang lain.(Sila ke-5)



Foto kegiatan :

foto bersama Asayri ketika dia mengerjakan soal
foto bersama kelompok CB



Community Program

No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates